[Ulasan 1] Intellectual Property

Pada kesempatan kali ini, saya akan me-review video yang berjudul "Basic Facts: Trademarks, Patents, and Copyrights". Video ini di-upload pada tanggal 25 November 2014 oleh akun yang bernama USPTOvideo. Video ini telah ditonton sebanyak 188.926 kali dan disukai oleh 488 akun dan tidak disukai oleh 17 akun. USPTOVideo telah memiliki pelanggan sebanyak 6500 akun. Video ini berdurasi 8 menit 25 detik dan bisa anda akses melalu URL https://youtu.be/AQpaKJjEQR8.

Trademark, patents dan copyrights merupaka tiga tipe intellectual property. Trademark adalah sebuah kata, frase, slogan, simbol atau kombinasinya yang mengidentifikasikan suatu produk tertentu dan dapat membedakan dengan produk yang diciptakan oleh orang atau perusahaan lain. Trademark sering disamakan dengan servicemark. Sebenarnya, trademark mempunyai kemiripan dengan servicemark. Yang membedakan adalah trademark mengidentifikasi suatu produk, sedangkan servicemark mengidentifikasi sebuah jasa/servis. 

Patents dibuat dan diciptakan untuk melindungi penemuan baru yang berisi seperti alat-alat inovasi baru. Copyright diciptkan untuk melindungi sesuatu yang lebih artistik atau sebuah literatur seperti lagu, buku, film, lukisan, dan lain lain. Sebagai contoh, apabila seseorang melakukan inovasi dan menciptakan vacuum cleaner, orang tersebut bisa menggunakan trademark untuk melindungi nama merk dari alat vacuum cleaner tersebut. Pencipta juga bisa membuat patent untuk melindungi inovasi atau temuannya dan copyright  untuk iklan TV yang digunakan pada saat memasarkan produk tersebut. Dengan kata lain, semua intellectual property merupakan hal yang penting. 

Menurut saya, pemilik video tersebut dapat dengan jelas menyampaikan topik intellectual property dengan sangat baik. Pemilik video juga memberikan contoh sehingga saya bisa dengan jelas mengerti contoh-contoh secara nyata. Video juga menampilkan gambar-gambar yang menarik sehingga dapat menambah pemahaman setiap orang yang menonton.

Github Account : atikahzh
URL Ulasan : https://atikah-zahrah.blogspot.com/2017/11/ulasan-1-intellectual-property.html
URL Video : https://youtu.be/AQpaKJjEQR8 (8 menit 25 detik)
Video Author : USPTOvideo
Pemetaan Konten : Week01
Revisi Pertama : 29 November 2017
Revisi Terakhir : 29 November 2017


Comments

Popular posts from this blog

[Ulasan 2] Scheduling

RANKING00 OS